---ANGGARAN ANDA HANYA CUKUP UNTUK RUMAH KECIL?MEMBANGUN BERTAHAP?RENOVASI KECIL?KONSULTASI GRATIS?TELP KAMI SEGERA----

Monday, April 5, 2010

Waterpass, Selang, & Lot

Untuk memastikan bentuk sudut-sudut dan lekuk rumah

Untuk memastikan bentuk sudut-sudut dan lekuk rumah lurus siku tidak miring ada beberapa peralatan sederhana yang digunakan tukang seperti selang, waterpas dan lot. Alat bantu ini sangat sering dipakai selama membangun.

Untuk membuat dinding benar-benar vertikal, tukang memakai lot. Lot ini berupa tali benang yang diujungnya diikat pemberat biasanya dari besi. Pemakaiannya sangat sederhana, dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi, tali diikat diatas, nah bentangan tali dari atas kebawah inilah yang dijadikan patokan vertikal.

Sedangkan alat bantu selang air dimanfaatkan untuk menentukan horizontal atau istilah pertukangan yaitu rata air. Misal untuk membuat lantai, prinsipnya sangat sederhana, selang air diisi air antara permukaan air ujung selang kiri dan permukaan air ujung selang yang lain menjadi patokan horizontal.

Perpaduan antara selang air dan lot bisa memakai waterpas. Hanya saja waterpas tidak tepat untuk bentangan yang panjang. Waterpas sering dipakai misalnya saat memasang keramik.

No comments:

Post a Comment