---ANGGARAN ANDA HANYA CUKUP UNTUK RUMAH KECIL?MEMBANGUN BERTAHAP?RENOVASI KECIL?KONSULTASI GRATIS?TELP KAMI SEGERA----

Monday, November 23, 2009

Membuat Rumah Tahan Gempa

Oleh karenanya rumah tahan gempa menjadi kebutuhan yang sangat penting. Salah satu solusi tahan gempa yaitu membuat rumah kayu/panggung,


Indonesia tepat berada diatas pertemuan lempeng2 bumi,sehingga frekuensi gempa cukup tinggi. Oleh karenanya rumah tahan gempa menjadi kebutuhan yang sangat penting. Salah satu solusi tahan gempa yaitu membuat rumah kayu/panggung, dengan sifat kayu yang elastis sehingga cocok untuk menahan goyangan, namun membuat rumah kayu bisa menelan biaya besar hingga hampir dua kali biaya rumah bata, dan rumah kayu di perkotaan masih tidak umum bahkan dianggap hanya cocok dipedesaan.

Solusi kedua, membuat/meng-upgrade rumah bata yang tahan gempa dengan:
1. membuat cakar ayam sebagai penahan keseimbangan beban bangunan (akan dibahas artikel berikutnya)
2. memakai batu bata jenis Hebl yang ringan, untuk mengurangi beban dinding
3. untuk rumah 2 lantai yaitu dengan membuat cor dak yang kuat, cara yang umum dipakai sekarang adalah dengan menggunakan besi bondeck & wiremesh.Keuntungan cor dak dengan bondeck dibanding cor dak cara lama (sistem begesting) adalah pada kekuatan hasil cor dak dan pemasangannya hanya membutuhkan waktu singkat, tetapi dengan biaya yang relatif sama.
4. Penggunaan atap baja ringan
5. menggunakan genteng yang ringan misal multiroof, genteng baja berlapis zinc aluminium yang ringan, anti retak, anti pecah, anti sobek, kuat, mudah pemasangannya, dan tahan api.

Namun demikian, kita manusia hanya bisa berusaha dan tawakkal atas kehendak-Nya. Juga mari kita berdoa semoga Allah Subhanallahu wa ta'ala memberikan kita kesabaran menghadapi cobaan-Nya berupa gempa yang bertubi-tubi di negara kita.

No comments:

Post a Comment